Bring your data to life

Ricki Rinaldy    April 02,2017

 

 

A new generation of Business Intelligence

Konsep Business Intelligence (BI) sudah dikenal dan hadir dalam bentuk dan konsep yang bervariasi selama lebih dari satu dekade. Pada pemahamannya, BI adalah pemahaman terhadap hubungan setiap data untuk menghasilkan informasi yang bisa membantu mengambil keputusan.

Selama ini profesional TI telah memainkan peran sentral sebagai pihak yang membuka data yang dimulai dari mengembangkan data warehouse, mengembangkan data model hingga pembuatan laporan. Disaat yang bersamaan pengguna bisnis mempunyai ketergantungan dengan support dari TI untuk memenuhi kebutuhan BI mereka termasuk pengembangan laporan.

Saat ini, produk BI terus berkembang dan Microsoft membawa sebuah solusi BI untuk organisasi anda, dengan solusi yang melengkapi dan menambah (bukan menggantikan) platform analytics anda. Power BI adalah business analytics service untuk visualisasi dan menganalisa semua data anda disatu platform.

Tujuan dari Microsoft Power BI adalah menghadirkan business intelligence untuk semua orang (self-service BI).

Microsoft Power BI

Power BI adalah Software as a Service (SAAS) yang memungkinan semua orang dapat dengan mudah terkoneksi dengan semua data mereka, membuat laporan dan live dashboards, dan visualisasi yang interaktif untuk eksplorasi data kapan saja. Dengan Power BI, anda dapat membuat semua data yang anda miliki dapat dianalisa didalam satu lokasi, mengesampingkan dimana lokasi data anda berada dan memungkinkan konsolidasi data dari semua sisi bisnis anda.

Power BI terdiri dari dua komponen aplikasi, dimana yang pertama adalah Power BI Desktop untuk visualisasi eksplorasi data dan pembuatan laporan. Yang kedua adalah interactive mobile applications untuk Windows Mobile, iOS, dan Android, menyediakan akses yang aman untuk dashboards dan laporan dari semua gadget.

Power BI service (powerbi.com) menawarkan pengalaman yang mudah dan kaya akan pengalaman untuk interaksi dengan data. Dari pembuatan dan sharing dashboards untuk eksplorasi dan visualisasi laporan, Power BI membuat anda mudah untuk terhubung dengan data anda yang terdiri dari berbagai macam platform dan mampu untuk visualisasi data tersebut untuk melakukan keputusan bisnis dengan baik.

 

"Dengan Power BI, fokus organisasi sudah bergeser dimana sebelumnya bagaimana menghubungkan data dari berbagai macam platform menjadi fokus terhadap analisa dan visualisasi informasi apa yang dibutuhkan"

 

Live Dashboards

Power BI dashboard adalah sebuah kumpulan visualisasi data yang terdiri dari charts, reports yang direpresentasikan dengan menarik sehingga memudahkan untuk mendapatkan pengetahuan – dan dapat dilakukan secara mandiri. Salah satu kelebihan dari Power BI adalah dashboards yang ditampilkan adalah kondisi live. Sebagai contoh, jika visualisasi dalam dashboard dihubungkan dengan sumber data yang real-time, visualisasi dapat diperbaharui secara otomatis sehingga memungkinkan untuk mendapat pengetahuan yang cepat.

Di Power BI, dashboards tidak hanya bersifat statis namun juga bersifat interaktif. Jika ada informasi yang ingin anda analisa lebih dalam, cukup drill down hingga muncul laporan untuk menganalisa lebih detil lagi.

Mobile Applications

Power BI dapat mendukung live dashboards yang aman untuk diakses dari device apa saja melalui aplikasi native dan interaktif untuk Windows Mobile, iOS dan Android. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, antarmuka dashboard dioptimalkan untuk dapat ditampilkan dalam gadget yang kecil sekalipun.

Aplikasi ini juga terdiri dari beberapa fitur. Anda dapat memperbesar (zoom in dan zoom out) visualisasi untuk dapat melihat data anda lebih dekat. Untuk dapat memantau pergerakan data, anda dapat membuat alerts dan menerima notifikasi langsung berdasarkan kondisi yang sudah ditentukan seperti realisasi melebihi anggaran yang sudah ditentukan.


Natural Language Query

Kadang – kadang didalam BI untuk mendapatkan jawaban dari sebuah pertanyaan adalah menanyakan pertanyaan tersebut didalam Bahasa yang mudah dimengerti (native language). Pertanyaan seperti “what were total sales last year” akan lebih mudah disampaikan daripada mengubah pertanyaan ini kedalam perintah teknis aplikasi BI.

Natural Language Query – dikenal sebagai Q&A – adalah fitur unik dari Power BI yang dapat memungkinkan pengguna untuk menanyakan pertanyaan dalam bentuk kalimat Bahasa Inggris dan secara otomatis Power BI akan menghasilkan jawaban dalam bentuk visualisasi ataupun charts.

Menanyakan pertanyaan di Power BI adalah hanya permulaan saja. Anda dapat mengeksplorasi data anda dengan Bahasa Inggris yang biasa dan anda akan dapat menemukan banyak pengetahuan disetiap pertanyaan anda.

Fitur ini sifatnya interaktif dan sangat cepat dikarenakan adanya penyimpanan in-memory sehingga menghasilkan respons yang instan juga.

 

Sharing with others

Pada awalnya, semua data dan laporan yang dibuat dan dikembangkan hanya dapat dilihat oleh anda sendiri. Tetapi dashboard dapat dengan mudah dibagikan kepada user lain didalam organisasi anda jika dibutuhkan – cukup memasukkan alamat email pengguna yang ingin anda bagikan.

Dari sudut pandang keamanan, dashboard yang dibagikan akan dibagikan dalam mode lihat saja. Pengguna yang dibagikan aksesnya tidak dapat mengembangkan laporan ataupun memodifikasi laporan tersebut.

 

Kesimpulan

Power BI menawarkan kepada organisasi anda banyak fitur yang potensial dan akses ke business intelligence sehingga fokus organisasi untuk BI adalah lebih ke konten BI itu sendiri daripada platform sumber data yang tersedia. Business Analyst dapat memanfaatkan kemampuan analisa yang baik untuk data discovery, data eksplorasi dan pembuatan laporan. Pengguna bisnis juga dapat langsung melakukan analisa terhadap data mereka tanpa perlu adanya ketergantungan dengan pihak lain. Dengan menambah Power BI kedalam organisasi anda, anda dapat menyajikan Business Intelligence kepada pengguna yang membutuhkan.

 

Ricki Rinaldy

Consulting Manager

Enterprise Application Delivery 8

Ricki.Rinaldy@mii.co.id

Microsoft@mii.co.id

contact@mii.co.id

 

Related Article

by Ricki Rinaldy / April 02,2017

4 Pilar Utama Kunci Kesuksesan Transformasi Digital Perusahaan

Saat ini, kita dihadapkan dengan kenyataan bahwa teknologi secara disruptif mengubah cara manusia menjalani hidup, bekerja, maupun berinteraksi dengan orang lain. Efek dari perkembangan pesat teknologi ini juga dirasakan oleh pelaku bisnis yang dituntut untuk mengadopsi cara baru dalam menjalankan...

by Ricki Rinaldy / April 02,2017

4 Pilar Utama Transformasi Digital

Saat ini, kita dihadapkan dengan kenyataan bahwa teknologi secara disruptif mengubah cara manusia menjalani hidup, bekerja, maupun berinteraksi dengan orang lain. Efek dari perkembangan pesat teknologi ini juga dirasakan oleh pelaku bisnis yang dituntut untuk mengadopsi cara baru dalam menjalankan...

by Ricki Rinaldy / April 02,2017

Ancaman Kejahatan Siber Pada Industri Perbankan dan Solusinya

Menghadapi era transformasi digital, setiap perusahaan bergerak menyongsong perubahan yang tak terelakkan pada setiap model bisnisnya. Secara sederhana, transformasi digital merupakan perubahan yang menggunakan aplikasi dan teknologi untuk setiap aspek perusahaan, dari segi operasional,...